24/06/2018
Jumat, 23 Agustus 2013 | 14:23
lintas daerah - antara

Pemerintah Pusat Setuju Bitung Menjadi KEK

Pemerintah Pusat Setuju Bitung Menjadi KEK
Ilustrasi/ANTARA

OTDANEWS.COM, Manado - Pada prinsipnya pemerintah pusat telah setuju untuk menetapkan Bitung sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia, kata Koordinator Tim KEK Pusat, Budi Santoso ketika mengadakan pertemuan dengan Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang.

Pertemuan itu berlangsung di Gubernuran Bumi Beringin, Manado kemarin (21/8), di hadiri staf ahli Menko Perekonomian Enoh Suharto. Sekretaris Dewan Nasional KEK, Edib Muslimkata, kata Kabag Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut Judhistira Siwu di Manado, Kamis.

Menurut Judhistira, pada pertemuan itu Budi Santoso mengatakan, Pemprov Sulut dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung tinggal melengkapi dokumen tentang kerja sama dengan para perusahaan-perusahaan yang masuk dalam kawasan tersebut.

Produk hukum yang akan melandasi KEK tersebut adalah berbentuk Peraturan Pemerintah (PP), kata Budi Santoso.

Sementara itu, kata Judhistira, Gubernur Sarundajang mengatakan perusahaan yang masuk dalam kawasan tersebut adalah perusahaan sudah eksis dan menyatakan kesiapan untuk beroperasi di KEK.

"Mereka semua sangat serius berinvestasi dan beroperasi, dan saya jamin itu, maka telah instruksikan kepada Walikota Bitung, Asisten II Pemprov Sulut dan Kepala Bappeda Provinsi Sulut serta Direktur Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet) Manado-Bitung segera menindaklanjuti permintaan Tim KEK, "kata Sarundajang dikutip Judhistira.

Dalam pertemuan itu juga hadir Kadit Sek Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Bambang Wijarnako, Kasubbag KEK Aminudin, Asisten II Pemprov Sulut Drs. Sanny Parengkuan, Kepala Bappeda Sulut Ir. R.O. Roring, MSi, Direktur KAPET Manado-Bitung Noldy Tuerah, Kepala Dinas Perindag Sulut Ir. Olvie Ateng, Walikota Bitung Hanny Sondakh.

Dibaca : 1148 kali